Kebanyakan Minum Alkohol Munculkan Lemak Hati

Rabu, 23 Desember 2015 - 12:23 WIB
Kebanyakan Minum Alkohol Munculkan Lemak Hati
Kebanyakan Minum Alkohol Munculkan Lemak Hati
A A A
JAKARTA - Alkohol dipercaya menyimpan banyak manfaat. Salah satunya untuk mencegah penyakit jantung dan bisa meningkatkan kadar dopamin dalam otak yang membuat seseorang merasa lebih bahagia.

Meski memiliki manfaat, bukan berarti Anda mengonsumsi alkohol secara sembarangan. Menurut penelitian, untuk mendapatkan manfaat tersebut idealnya alkohol dikonsumsi tiga kali dalam seminggu.

Pasalnya, mengonsumsi alkohol berlebihan menyebabkan kerusakan pada hati. Consultant Internist-Gastro Entero Hepatologist dari MRCC Siloam Hospitals, Prof. dr. L. A. Lesmana mengungkapkan, orang yang kecanduan alkohol berisiko mengalami pembengkakan hati.

"Karena hati akan bekerja keras dan berulang kali akan memproses alkohol dan mendetoksifikasi darah. Dengan begitu, sel-sel hati akan mati atau muncul lemak hati yang bisa mengarah pada peradangan dan kanker hati," papar Lesmana di Jakarta.

Sayangnya, dalam beberapa kasus mengonsumsi alkohol sulit dihentikan. "Dan susahnya orang yang sudah kena minum, sulit sekali balik lagi untuk tidak minum, untuk membuat balik sangat sulit," tandasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6038 seconds (0.1#10.140)